Makassar, Komandodp.com | Pelatihan Gugus Kendali Mutu (GKM) Angkatan III di PT. Makassar Tene kembali di buka oleh Kapala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, A. Irwan Bangsawan di aula pertemuan karyawan PT. Makassar Tene, Rabu (21/11/2018).

Tujuan utama dari Gugus Kendali Mutu(GKM) ini adalah untuk membahas permasalahan yang terjadi di perusahaan dan memberikan rekomendasi solusi-solusi terhadap pemecahan masalah tersebut kepada pihak Manajemen. Masalah-masalah yang dibahas adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan pekerjaan seperti Produk, Biaya, Waktu, Persediaan, Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan kerja.

Melalui Kegiatan GKM (Gugus Kendali Mutu), perusahaan juga dapat memotivasi karyawan, meningkatkan kemampuan karyawan dalam pemecahan masalah, meningkatkan keterlibatan karyawan serta menanamkan kesadaran karyawan tentang pentingnya pencegahan masalah.

Fungsi dan kegunaan GKM adalah
(1) Penerapan/pentradisian GKM di lingkungan perusahaan IKM akan ikut mempercepat sosialisasi budaya produksi kompetitif melalui praktek nyata dalam kehidupan perusahaan sehari-hari, sehingga hasilnya akan jauh lebih efektif daripada sistim ceramah teori yang sering terkendala oleh daya-serap peserta dari kalangan IKM dan
(2) Apabila pemasyarakatan GKM dapat diterapkan semakin meluas di kalangan IKM, hal ini akan berdampak positif bagi kemajuan dan pertumbuhan IKM terutama oleh faktor pendorong knowledge-based.

Read Now  Kadisnaker Makassar Buka Bimtek Penerapan Seori, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke (5S)

Penerapan GKM secara konsisten pada perusahaan akan sangat bermanfaat bagi semua pihak, antara lain :
– Perbaikan mutu dan peningkatan nilai tambah
– Peningkatan produktivitas sekaligus penurunan biaya
– Peningkatan kemampuan menyelesaikan pekerjaan sesuai target
– Peningkatan moral kerja dengan mengubah tingkah laku
– Peningkatan hubungan yang serasi antara atasan dan bawahan
– Peningkatan ketrampilan dan keselamatan kerja
– Peningkatan kepuasan kerja
– Pengembangan tim (gugus kendali mutu). (**)