Makassar, Komandodp.com | Pemerintah Kota Makassar tetap optimis menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Makassar ke depan bisa mencapai Rp.3triliun. Hal ini disampaikan Walikota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto saat membuka Sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Daerah yang dirangkai dengan tax award 2018 yang diadakan Bapenda Kota Makassar dan Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Hotel Sheraton, Rabu (12/12/2018).

Ini bukan sekedar mimpi, terlebih potensi pajak kotabyang sangat besar. Ditambah dengan adanya asistensi dari KPK melalui Korsupgah KPK Sulsel, kami terus mendorong optimalisasi potensi pendapatan daerah, ungkap Danny Pomanto.

Prinsip kehati-hatian, kejujuran, dan transparansi menjadi bagian penting dari hal ini. Jika melihat PAD Pemkot Makassar di awal pemerintahan Danny Pomanto yang hanya Rp.500 miliar, sekarang meningkat menjadi Rp.1,3triliun, sekarang Pemkot Makassar optimis mencapai Rp.1,7 triliun tahun 2019. Insya Allah, melihat pontesi yang Pemkot Makassar miliki, kedepan bisa mencapai Rp.3 triliun.

Ada beberapa poin untuk memaksimalkam potensi pajak, pertama memanfaatkan fitur e-tax. Kedua yaitu Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) jika sudah mendekati harga pasar juga potensinya biasa mencapai dua kali lipat dari jumlah sekarang. Demikian juga ketika reklame sudah ditata dan zonasi berdasarkan Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) nilai reklamenya, juga mampu mendapatkan dua kali lipat. (**)

Read Now  Ir. Rizki (Kemenpar) "F8 Dalam Waktu 3 Tahun Masuk 10 Wonderful of Event Kementrian Pariwisata"