Pak Syaf dan Puan di Jakabaring City: Separoh dari Cabang Olahraga di Palembang Potensial Emas

22

Palembang, Komandodp.com | Separoh dari sepuluh cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City Palembang Sumatera Selatan, berpotensi menghasilkan medali emas. Demikian, disampaikan Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Syafruddin, usai menyaksikan langsung pertandingan sepak takraw antara tim Indonesia putri melawan Malaysia, di Palembang Selasa (21/8).

Bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, Pak Syaf menyakini, berdasarkan mapping atau pemetaan kekuatan atlet Tim Indonesia, setidaknya dari 10 cabang olahraga yang pertandingan di Palembang, Indonesia bisa meraih delapan medali emas.

“Iya, separohnya berpotensi menyumbang emas. Karena itulah, Ibu Menko bersama saya datang ke sini untuk mendampingi atlet-atlet kita yang sedang berjuang di sini. Kita berkepentingan untuk memberi dukungan supaya target prestasi kita tercapai. Supaya perolehan medali tidak meleset,” kata Pak Syaf yang juga menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Cabang-cabang olahraga yang potensial menyumbang medali emas Indonesia itu antara lain sepak takraw, bolah voli pantai, bowling, dayung, dan panjat tebing.

Read Now  Presiden Menyaksikan Langsung Dua Nomor Final Renang

Sementara itu, Menko PMK Puan Maharani menyatakan, secara umum, hingga hari ketiga penyelenggaraan Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang, secara umum semua berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

“Alhamdulillah sampai hari ini semua berjalan dengan lancar tidak ada masalah yang berarti. Kalau ada ketidaksempurnaan sedikit di sana-sini ya wajar. Namanya event sebesar ini, pasti tidak bisa sempurna seratus persen,” kata Puan.

Menyinggung soal potensi Indonesia masuk 10 besar, Puan menyatakan optimismenya karena sejauh ini prestasi atlet Indonesia sesuai dengan harapan.

“Ini kan masih tahap awal. Makanya kita support terus agar target sepuluh besar bisa tercapai,” ujar Puan

Menko PMK Puan Maharani dan MenPAN RB Syafruddin berada di Palembang untuk menyaksikan sejumlah pertandingan. Perhelatan Asian Games 2018 di Palembang digelar di 14 venue yang terkonsentrasi di Jakabaring Sport City.

Pada Asian Games 2018, jumlah kontingen Indonesia mencapai 1.356 orang, dengan perincian 938 atlet, 338 official dan 80 headquarter. Jumlah ini adalah yang terbesar sepanjang Indonesia mengikuti pesta olahraga Asian Games.Diantaranya bola voli pantai,
sepak takraw, dan menyaksikan latihan bowling, dan berdiskusi dengan tim roll skater, yang meliputi cabang olahraga sepatu roda dan skateboard. (**)

Read Now  SMK-PP Negeri Saree Juara 2 NSDC 2018